oleh

Ternyata Ini Manfaat Manggis Bagi Tubuh Kita

Buah Manggis atau dalam bahasa latin Garcinia mangostana ini sangat baik dikonsumsi kita karena mengandung vitamin, mineral serta antioksidan sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Khusus pada buah manggis, kandungan senyawa-senyawa tersebut tidak hanya terdapat pada daging buah tetapi juga pada kulit buah manggis.

Kulit buah manggis yang selama ini masih dianggap sebagai limbah ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Kulit buah manggis mengandung antioksidan berupa senyawa xanthone (alpha dan betha mangostin) sebagai salah satu antioksidan yang dapat berperan sebagai antiperadangan, antikanker dan antiaging.

Berikut adalah manfaat buah manggis untuk kesehatan seperti dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Mencegah Kanker

Buah manggis mengandung senyawa anti kanker yang disebut xanthone. Beberapa uji coba laboratorium menemukan bahwa xanthone bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk di payudara, perut dan jaringan paru-paru.

Baca Juga  Relawan Sahabat Ganjar Gelar Aksi Sosial, Mengirimkan Ratusan Paket Sembako kepada Korban Kebakaran

Selain itu, ekstrak kulit manggis juga bersifat apoptosis atau bisa menghancurkan sel kanker. Jadi, setelah makan buah manggis jangan langsung dibuang kulitnya.

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat buah manggis lainnya adalah membantu mengendalikan kadar gula darah. Hal ini karena dalam manggis terkandung serat yang mampu membantu menstabilkan kadar gula darah.

Selain kandungan serat dalam manggis, kandungan xanthones pada buah ini juga diklaim mampu membantu menstabilkan kadar gula darah.

  1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah manggis yang paling populer adalah mampu membantu menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi jus manggis dua kali sehari cenderung memiliki indeks massa tubuh (IMT) lebih rendah.

Baca Juga  Hasan Basri: Bukan Hanya Tugas Pemerintah

Hal ini diyakini karena manggis mengandung zat antiperadangan yang berperan meningkatkan metabolisme lemak sehingga bisa mencegah kenaikan berat badan.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah Manggis mengandung 3,5 gram serat atau setara dengan 14% dari kebutuhan harian yang disarankan. Kandungan serat yang tinggi dalam buah manggis tentunya bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mendorong buang air besar yang reguler pada bumil (ibu hamil) atau pun orang dewasa.

  1. Sebagai Anti Inflamasi

Xanthone yang ditemukan pada buah manggis dapat berperan dalam mengurangi peradangan. Uji tabung dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa xanthones memiliki efek antiinflamasi dan dapat mengurangi risiko penyakit radang, seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Baca Juga  Kabupaten Pandeglang Terima 2.500 Paket Sembako dari Tim PKK

Buah manggis juga kaya serat, yang menawarkan berbagai manfaat. Sebagai contoh, beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa diet tinggi serat dapat membantu mengurangi respons peradangan dalam tubuh.

  1. Sumber Antioksidan

Manggis temasuk buah sumber antiosidan. Antioksidan adalah senyawa yang dapat menetralisir efek merusak dari molekul yang berpotensi berbahaya yang disebut radikal bebas, yang terkait dengan berbagai penyakit kronis. Buah manggis mengandung beberapa nutrisi dengan kapasitas antioksidan, seperti vitamin C dan folat.

Selain itu, buah manggis juga sanggup menyediakan xanthones, jenis senyawa tanaman unik yang dikenal memiliki sifat antioksidan kuat. (*/cr7)

News Feed