oleh

Ma’ruf Amin Minta Para Pelaku UMKM untuk Segera Laksanakan Vaksinasi Covid-19

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengingatkan seluruh pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk segera melaksanakan vaksinasi Covid-19 sehingga dapat tetap produktif di tengah kondisi pandemi.

“Saya tidak bosan untuk terus mengingatkan masyarakat, khususnya para pelaku UMKM, untuk segera vaksinasi Covid-19 dan senantiasa mematuhi protokol kesehatan dalam berkegiatan,” kata Wapres dalam acara peluncuran Sinergi Akselerasi Pengembangan UMKM Industri Halal yang diselenggarakan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) secara virtual, Rabu (25/8/2021).

Wapres juga mengimbau seluruh pelaku UMKM untuk disiplin menerapkan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas, sebagai bagian dari pola baru hidup sehat dan produktif.

Baca Juga  Sentra Vaksinasi UID/Gajah Tunggal Group di Berbagai Provinsi, Diawali di Kompleks Gajah Tunggal

Pandemi Covid-19 memberikan dampak terhadap pelemahan ekonomi di tingkat global dan nasional, termasuk ekonomi syariah. Namun demikian, lanjut Wapres, ekonomi syariah di Indonesia tidak mengalami kontraksi lebih berat dibandingkan ekonomi nasional, sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

“Ekonomi syariah Indonesia pada tahun 2020 mengalami kontraksi dengan tingkat yang lebih baik dibandingkan kontraksi PDB nasional,” tambah Wapres.

Baca Juga  Tanggani Penyebaran Covid-19, BEM Nusantara Gelar Vaksinasi Massal

Selain itu, kinerja sektor prioritas Halal Value Chain pada tahun 2020, yang ditopang oleh bidang pertanian dan makanan, juga masih mencatat pertumbuhan yang positif meskipun sempat mengalami perlambatan di 2019.

Hal itu menunjukkan perkembangan ekonomi dan keuangan syariah mampu menunjukkan daya tahan cukup tinggi di tengah kondisi pandemi Covid-19.

“Perkembangan sektor ekonomi dan keuangan syariah tersebut tentu perlu mendapat perhatian dan dukungan untuk berkembang lebih maksimal dan berkontribusi dalam pemulihan perekonomian nasional,” jelasnya.

Baca Juga  Pemkot Palangka Raya Ajak Mbizmarket Perluas Pemasaran Produk UMKM

Untuk mempercepat perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, Wapres berharap seluruh pihak terkait terus memperkuat UMKM industri halal agar dapat memberikan kontribusi kuat.

“UMKM adalah kunci dalam mengakselerasi ekonomi syariah yang harus diperhatikan, dijaga, dan dikembangkan secara serius oleh kita bersama,” ujar Wapres. (*/cr2)

Sumber: aceh.siberindo.co

News Feed