oleh

HNSI Provinsi Banten Minta Andika Hazrumy Perhatikan Kesejahteraan Nelayan

Pengurus Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Provinsi Banten melakukan audiensi bersama Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy di ruang kerja Wagub Banten, di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang. HNSI Banten meminta pemerintah daerah di Banten untuk mendorong kesejahteraan nelayan.

“Intinya kami menyampaikan aspirasi terkait dengan kesejahteraan nelayan di Banten, agar Pemda mendorong itu tercipta,” kata Sekretaris DPD HNSI Banten Herman Sutedjo Ismail usai audiensi. Herman di antaranya didampingi Ketua DPC HNSI Cilegon Tatang Tarmizi, dan Ketua DPC HNSI Kabupaten Tangerang Abudin.

Herman melanjutkan, pihaknya meminta Pemda di Banten dapat bersinergi dengan HNSI di wilayahnya, baik terkait beberapa program yang sedang diagendakan masing-masing HNSI maupun terkait program OPD (Organisasi Perangkat Daerah) kelautan dan perikanan di masing-masing Pemda.

Baca Juga  Gol Spektakuler Porto Tak Cukup Cegah Langkah Chelsea Masuk Semifinal

“Seperti di Cilegon, itu kami meminta agar Pemkot Cilegon di antaranya mengurus legalisasi pangkalan perikanan, karena semua pangkalan perikanan di Cilegon itu secara legalitas belum ada yang diakui oleh Pemkot,” katanya melalui keterangannya, Kamis (26/8/2021).

HNSI di Banten, kata Herman, juga meminta kepada Pemda di Banten supaya mendorong OPD terkait agar lebih memperhatikan kesejahteraan nelayan dan masyarakat pesisir. Terkait hal itu, lanjutnya Herman mencontohkan perlu dibuatkannya semacam pusat perdagangan ikan hasil tangkapan nelayan.

Baca Juga  Bahas Kerjasama Literasi Pengurus PUB Kunjungi JBS

“Selain mengenjot pemasukan untuk APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) hal tersebut juga bisa berdampak positif untuk peningkatan kesejahteraan dan pendapatan nelayan,” kata Herman.

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy menyatakan bakal langsung berkoordinasi dengan kelautan dan perikanan di Pemprov Banten agar menjalin sinergi dengan HNSI Banten.

“Untuk Kabupaten/Kota tentu nanti koordinasinya juga melalui OPD kelautan dan perikanan Pemprov Banten kepada OPD kelautan dan perikanan di Kabupaten/Kota,” katanya.

Baca Juga  19 Bayi Terpapar Positif COVID-19 Di Bangka-Babel

Secara prinsip Andika mengaku setuju dengan aspirasi yang disampaikan HNSI Banten tersebut. Menurutnya wilayah Provinsi Banten sebagian besar merupakan perairan laut yang memiliki potensi kelautan dan perikanan yang jika dioptimalkan pengelolaannya akan dapat mensejahterakan nelayan khususnya dan warga Banten umumnya.

“Ini jadi perhatian serius kami di Pemprov Banten, dan saya berterima kasih sekali dengan disampaikannya aspirasi ini. Ini akan menjadi semacam cambuk agar kami bisa dapat lebih bersinergi lagi dengan lebih baik,” kata Andika. (*/cr2)

Sumber: banten.siberindo.co

News Feed