oleh

Gubernur DKI Jakarta Bersyukur, DKI Jakarta Masuk 50 Besar Kota Teraman di Dunia

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku bersyukur karena DKI Jakarta masuk dalam 50 besar kota teraman di dunia berdasarkan hasil penilaian The Economist Intelligence Uni atau EIC terkait daftar Safe Cities Index atau daftar kota aman di dunia tahun 2021. DKI Jakarta berada di urutan ke-46 kota teraman di dunia.

“Kami tentu bersyukur bahwa Jakarta masuk dalam salah satu kota teraman di dunia nah kami ingin dorong lebih jauh lagi terutama,” ujar Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (24/8/2021).

Anies mengatakan, salah satu satu upaya pihaknya memastikan keamanan warga Jakarta adalah memanfaatkan aplikasi-aplikasi teknologi untuk memberikan perlindungan. Dua tahun lalu, kata Anies, pihaknya sudah meluncurkan aplikasi perlindungan untuk perempuan sehingga kaum wanita yang mengalami masalah bisa langsung melaporkan melalui aplikasi tersebut.

Baca Juga  SMSI Bangun Jalan dan MCK

“Kemudian program-program menjangkau masyarakat untuk respon cepat bila ada kejadian yang membahayakan keselamatan jadi kita akan terus lakukan ini,” tandas dia.

Anies pun berharap masyarakat bisa memanfaatkan sistem digital untuk melakukan perlindungan. Menurut dia, perlu kerja sama dari dua sisi, yakni pemerintah menyiapkan aplikasi dan terus meningkatkan kualitas aplikasi dan masyarakat bisa memanfaatkan dengan baik dan benar.

“Semuanya ada di Jakarta Kini atau Jaki, yang saya pakai ini, download aplikasi ini super apps, maka kita bisa melindungi, insyaalah lebih baik lagi,” tutur dia.

Lebih lanjut, Anies mengatakan keamanan dan keselamatan masyarakat Jakarta bukan hanya tugas dari pemerintah Jakarta. Dia berharap semua masyarakat bisa berpartisipasi untuk saling menciptakan dan menjaga keamanan dan keselamatan sesama warga yang lain.

Baca Juga  Rawa Terate Rutin Banjir, Anies Bakal Cek Pabrik Sekitar

“Pesan saya kepada semua, setiap kali melihat masalah di lapangan, lihat anak-anak bermain di tempat berisiko, ambil tanggung jawab, ingatkan. Jadi keselamatan itu menjadi peran kita semua,” pungkas Anies.

The Economist Intelligence Uni atau EIC telah merilis daftar Safe Cities Index atau daftar kota aman di dunia dengan menggunakan 76 indikator yang terbagi lagi ke dalam 5 poin utama indikator, yakni keaman digital, kemanan kesehatan, kemanan infrastruktur, keamanan individual dan keamanan lingkungan.

Posisi Jakarta dari 5 indikator tersebut adalah keamana digital berada di peringkat 58, keamanan kesehatan di peringkat 46, keamanan infrastruktur di peringkat 40, keamanan individual di peringkat 52, dan keamanan lingkungan di peringkat 30.

Baca Juga  Penanganan Lonjakan Virus SARS-Cov-2 Di Kabupaten Kudus

Beberapa negara Asia Tenggara yang peringatnya di atas Indonesia sebagai kota teraman, yakni Singapura di urutan ke-3, Bangkok (Thailand) urutan ke 43 dan Ho Chi Minh (Vietnam) uruta 45.

Berikut ini 10 daftar kota teraman 2021 di dunia:

1. Kopenhagen, Denmark

2. Toronto, Kanada

3. Singapore

4. Sydney, Australia

5. Tokyo, Jepang

6. Amsterdam, Belanda

7. Wellington, Selandia Baru

8. Hong Kong

9. Melbourne, Australia

10. Stockholm, Swedia (*/cr2)

Sumber: banten.siberindo.co

News Feed