oleh

BMKG Wilayah I Medan dan Stasiun Meteorologi Aek Godang Melakukan Audensi Dengan BPBD Padang Lawas Utara

Medan – BMKG Wilayah I Medan dan Stasiun Meteorologi Aek Godang melakukan audensi dengan BPBD Padang Lawas Utara.

Audensi ini dilakukan di Kantor Bupati Padang Lawas Utara, dan langsung diterima langsung oleh Kepala BPBD Padang Lawas Utara Khairul Harahap.

Dalam audensi ini, Pemkab Padang Lawas Utara berterimakasih kepada BMKG dalam dukungan informasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dalam membangun pemerintahan Kabupaten Padang Lawas Utara.

Saat ini beberapa instrument peralatan BMKG sudah terpasang di Padang Lawas Utara diantaranya Pos Hujan di bidang Klimatologi dan Sensor Mini Region di bidang deteksi gempabumi sebut Khairul  Harahap.

Baca Juga  BNPB Serahkan Bantuan DSP Senilai 3,5 M untuk Penanganan Banjir Kalsel

Peningkatan kebencanaan di Sumatera Utara mendorong perlunya pemahaman yang baik dalam penyebaran informasi layanan BMKG terhadap stockholder.

Dalam audensi ini, Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah I, Hartanto menjelaskan berdasarkan potensi bencana alam, Padang Lawas Utara merupakan daerah yang memiliki karakteristik kebecanaan dibidang hidrometeorologi dan geofisika.

Bencana yang berpotensi ini meliputi banjir, longsor, cuaca ektrim, kebakaran hutan dan lahan serta potensi dampak gempabumi.

Dalam paparanya, Hartanto memberikan gambaran bahwa  Kabupaten Padang Lawas Utara berada di 5 Zona Musim yaitu ZOM 12, ZOM 13, ZOM 14, dan ZOM 16. Kelima Zona Musim ini rata-rata memiliki tipe hujan equatorial dimana dalam satu tahun memiliki 2 musim kemarau dan 2 musim hujan.

Baca Juga  Satpol PP Amankan 24 Pasangan Diduga Praktik Prostitusi

Prakiraan Puncak Musim Kemarau 2021 di Kabupaten Padang Lawas Utara terjadi pada Bulan Juni 2021 untuk ZOM 12, ZOM 15 dan ZOM 16, Bulan Juli 2021 untuk ZOM 13 dan ZOM 14. Kabupaten Padang Lawas Utara saat ini juga memiliki 3 Pos Hujan Kerjasama  Banuansikop (tidak aktif), Siunggam (aktif) dan Gunung Tua (aktif). Untuk Potensi Rawan Banjir di Kabupaten Padang Lawas Utara Dasarian I Juni 2021 umumnya pada katagori Aman.

Baca Juga  Bupati Sukamara Mengajak Masyarakat Cegah Dampak Lingkungan Akibat Karhutla

Sementara itu Kepala Stasiun Meteorologi Aek Godang,  Padang Lawas Utara, M. Nur yang ikut mendampingi menjelaskan, berdasarkan analisis hari tanpa Hujan Dasarian III Mei 2021 di Kabupaten Padang Lawas Utara berada pada katagori Sangat Pendek (1-5 hari) untuk Pos Hujan Gunung Tua dan Menengah (11-20 hari) untuk Pos Hujan Siunggam.

Analisis curah hujan Dasarian III Mei 2021 di Kabupaten Padang Lawas Utara berada pada katagori Rendah (0-50 mm) hinga menengah (51-100 mm). (*/cr3)

Sumber: antaranews.com

News Feed