oleh

BI: PPKM Diperpanjang Keyakinan Konsumen pada Ekonomi Tertahan

Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Agustus 2021 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi masih tertahan. Hal ini tercermin pada Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Agustus 2021 sebesar 77,3, lebih rendah dibandingkan dengan 80,2 pada Juli 2021.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyampaikan, penurunan IKK Agustus 2021 terutama disebabkan oleh melemahnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini. Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) menurun dari 67,1 pada Juli 2021 menjadi 59,4.

Baca Juga  19 Bayi Terpapar Positif COVID-19 Di Bangka-Babel

“Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini melemah dari bulan sebelumnya, ditengarai sejalan masih berlanjutnya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level tiga dan empat di berbagai wilayah di Indonesia, yang berdampak pada kembali menurunnya aktivitas ekonomi dan terbatasnya penghasilan masyarakat,” kata Erwin Haryono dalam keterangan resminya, Rabu (8/9/2021).

Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan mulai membaik, terutama pada ekspektasi konsumen yang menguat baik dari aspek penghasilan maupun kegiatan usaha ke depan, didorong oleh perbaikan mobilitas sejalan dengan relaksasi pembatasan aktivitas masyarakat. Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) Agustus 2021 sebesar 95,3, lebih tinggi dari 93,2 pada Juli 2021 meskipun masih berada pada area pesimis atau di bawah 100.

Baca Juga  Komunitas Mentari Launching Bank Sampah

“Konsumen memperkirakan ekspansi kondisi perekonomian pada 6 bulan ke depan akan membaik seiring dengan perlambatan penyebaran kasus Covid-19 dan peningkatan laju vaksinasi untuk mencapai herd immunity. Hal tersebut terindikasi dari meningkatnya Indeks Ekspektasi Penghasilan dan Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha,” kata Erwin. (*/cr2)

Sumber: beritasatu.com

News Feed